Prosesor yang Bakal Mengotaki Smartphone High End di Tahun 2018

tekno.web.id – Ada berbagai vendor yang memang mengeluarkan berbagai macam produk smartphone di tahun 2018 ini. Sebagian dari mereka tak hanya mengeluarkan produk kelas low end bahkan ponsel high end dikeluarkannya dan dipilih dengan otak prosesor kelas atas yang menjadi andalan. Spesifikasi terbaik juga akan menjadi sisi kelengkapan ketika Anda memilih smartphone – smartphone tersebut.

Smartphone kelas high end yang dikeluarkan berbagai vendor berjalan dengan sangat baik bersama prosesor terbaik didalamnya. Lantas apa saja prosesor yang akan hadir menjadi otak smartphone high end di tahun 2018 mendatang? Informasi selengkapnya dapat Anda simak dalam uraian berikut ini! Check these out!

Prosesor untuk Smartphone High End

Prosesor untuk Smartphone High End

Prosesor Apple A11

Prosesor Apple A11 merupakan sebuah prosesor yang akan menggerakkan iPhone besutan Apple di tahun ini. Peralihan proses produksi 10nm yang lebih baru dari yang versi lama 16nm bisa meningkatkan performa dari smartphone besutan Apple lebih dari 20% dan ponsel besutan Apple akan jadi lebih hemat daya sampai dengan 40% dari sebelumnya dengan dukungan prosesor terbaru Apple A11 ini. Hanya saja yang sangat disayangkan karena kemungkinan Apple akan melanjutkan dari desain Fushion A10 yang nantinya mencampur core dengan performa tinggi dan core yang hemat daya bersamaan dengan unit grafis PowerVR yang digunakan.

Prosesor Samsung Exynos 9 (2018)

Kabarnya Samsung juga akan meluncurkan sebuah prosesor Exynos baru bersamaan dengan Samsung Galaxy S9 di tahun 2018 ini. Akan ada dua hal menarik dari prosesor Samsung Exynos 9 (2018). Pertama akan masuk ke Samsung Galaxy S9 di daerah tertentu dan kemungkinan yang kedua akan mendapatkan keuntungan dari desain core CPU terbaru yaitu yang menggunakan CPU Cortex-A75 dan A55 dari ARM.

CPU Cortex-A75 sendiri mendorong kinerja sampai dengan 50% lebih baik dalam penggunaan multi threaded, 16 persen peningkatan throughput memori dan juga peningkatan kinerja sebanyak 30 persen pada perangkat layar yang besar. Hal yang sama juga berlaku pada Cortex-A55 yang sebanyak 15% bisa lebih hemat daya dan memiliki dua kali lipat throughput memori dibandingkan dengan generasi yang sebelumnya.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 845

Prosesor snapdragon generasi terbaru besutan Qualcomm ini menguasai sebagian besar smartphone papan atas di tahun 2018 ini. Prosesor snapdragon 845 diklaim akan menjadi prosesor yang 30% lebih kuat dalam pemrosesan single core dan sebanyak 70% lebih cepat dalam pemrosesan multi core. Hal ini turut dilakukan dengan konfigurasi quad core yang terdiri atas sepasang core CPU Cortex-A75 untuk memperlancar tugas yang berat dan berfungsi untuk menghemat daya smartphone juga. Kemudian akan dibuat bersinergi dengan Cortex-A55 pada ponsel Qualcomm Snapdragon 845.

Prosesor MediaTek Helio X40

Prosesor yang satu ini menguasai sebagian besar smartphone yang dijual di China, India dan juga di kawasan Asia yang lainnya. Prosesor MediaTek Helio X40 sangat terjangkau dan memberikan kinerja yang memadai dan tetap sejalan dengan perkembangan teknologi modern seperti halnya dual kamera dan dapat membantu pemrosesan signal jauh lebih baik. Dengan banyaknya core CPU yang dibuat berdesakan dalam sektor sinkronisasi menjadikan sektor pengelolaan daya dan perpindahan diantara keduanya pasti akan sangat rumit. Sangat diharapkan agar ke depan MediaTek bisa memberikan schedule core CPU untuk memanfaatkan adanya potensi 12 core secara penuh.

Itulah apa saja prosesor yang selama ini dijadikan pilihan untuk mengotaki smartphone high end. Anda akan dapatkan sisi kelancaran yang optimal dengan memilih smartphone yang telah didukung prosesor kelas unggul diatas.