Perbandingan Chipset Mediatek Vs Qualcomm Snapdragon, Bagus Mana?

Perbandingan Chipset Mediatek Vs Qualcomm Snapdragon – Konsumen smartphone memang semakin pintar dalam memilih produk berkualitas yang ingin mereka beli. Jika dulu kebanyakan konsumen hanya melihat spesifikasi smartphone dari┬ábeberapa sektor saja seperti kamera dan layar, saat ini konsumen sudah lebih jeli dalam memilih smartphone salah satunya adalah chipset yang digunakannya.

Di era smartphone ini, kita memang mengenal beberapa jenis chipset yang sering digunakan oleh smartphone di Indonesia. Chipset tersebut adalah Mediatek, Qualcomm Snapdragon, Exynos, Intel Atom, dan NVIDIA Tegra. Namun jika kita melihat secara menyeluruh pada semua smartphone yang dipasarkan di Indonesia, paling banyak menggunakan Mediatek dan juga Qualcomm Snapdragon. Lantas sudah atakuah Anda apa saja perbedaan chipset Mediatek Vs Qualcomm Snapdragon? Bertikut ini Twimm.net akan menyajikan ulasan lengkapnya untuk Anda.

Bagus Mana Mediatek Vs Qualcomm Snapdragon?

Sebelumnya dalam membandingkan kualitas dari chipset tersebut, Anda harus melihat terlebih dahulu mengenai prosesor yang digunakan oleh masing-masing chipset. Awalnya Qualcomm Snapdragon hanya meningkatkan kualitas core pada pada prosesor disetiap produknya. Sementara pesaingnya yaitu Mediatek fokus pada jumlah core padahal kualitasnya sama saja dengan core versi lama. Jadi dengan pernyataan tersebut, Qualcomm Snapdragon memang lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas.

Perbandingan Chipset Mediatek Vs Qualcomm Snapdragon

Namun jika melihat saat ini dimana Qualcomm Snapdragon juga memproduksi prosesor 8 inti “octa-core”, dipastikan kalau Qualcomm harus mengakui keunggulan jumlah core yang memang cenderung lebih diperhatikan oleh konsumen. Memang benar semakin banyak jumlah core yang dimiliki oleh smartphone, akan membuat performanya lebih baik. Namun hal tersebut hanya berguna jika Anda membuka banyak aplikasi saja secara bersamaan. Jadi manfaat banyaknya jumnlah core tersebut, tidak akan terasa jika Anda jarang membuka aplikasi.

Selanjutnya kita ambil contoh perbandingan Qualcomm Snapdragon 800 quad-core 2,2 GHz dengan MediaTek MT6582 quad-core 1,3 GHz. Jika dilihat keduanya memang sama-sama memiliki prosesor 4 inti ‘quad-core’, namun kecepatannya berbeda yaitu 2,2 GHz dan 1,3 GHz. Dapat dipastikan kalau Qualcomm Snapdragon 800 dengan prosesor quad-core 2,2 GHz memiliki performa yang lebih baik.

Komponen selanjutnya yang mesti Anda perhatikan adalah GPU (Graphics Processing Unit). GPU ini merupakan sebuah chip yang mengotaki kinerja dari grafik smartphone. Performa dari GPU yang digunakan, akan terasa jika Anda sedang bermain game atau menonton video dengan kualitas grafik tinggi atau HD. Kita ambil contoh misalkan chipset Mediatek dengan GPU PowerVR SGX531 Vs Qualcomm Snapdragon MSM8625 dengan GPU Adreno 203. Secara teknis, Adreno memang lebih unggul dibandingkan PowerVR karena memiliki frekuensi Qualcomm lebih tinggi.

Namun banyak juga para pengguna yang mengeluh ektika menonton video dengan GPU Adreno biasanya enggak dedicated VRAM, sehingga mengakibatkian konsumsi RAM menjadi lebih besar. Berbeda dengan pesainynyan yaitu PowerVR yang memiliki dedicated VRAM. Sehingga konsumsi RAM menjadi lebih sedikit, dan bisa digunakan untuk bermain game.

Perbandingan Harga Chipset Mediatek Vs Qualcomm Snapdragon

Jika melihat harga, kebanyakan smartphone dengan Chipset Mediatek memang lebih murah dibandingkan dengan smartphone chipset Qualcomm Snapdragon. Karena Mediatek, memang lebih fokus untuk pangsa pasar menengah kebawah. Hal tersebutlah yang memang membuat teknologi dari Mediatek dikatakan tertinggal dari teknologi Qualcomm Snapdragon. Jadi dapat dipastikan kalau Anda akan lebih sering menjumpai smartphone premium dengan chipset Qualcomm Snapdragon.

Perbandingan Chipset Mediatek Vs Qualcomm Snapdragon

Jadi pada intinya, perbandingan Chipset Mediatek Vs Qualcomm Snapdragon, bagus mana? Keduanya sama-sama bagus. Yang mempengaruhi adalah teknologi lain yang mendukung kedua chipset tersebut. Jadi sebelum membeli sebuah smartphone, pastikan Anda melihat spesifikasi lainnya seperti prosesor, GPU, RAM, kamera, hingga kapasitas baterai yang digunakan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.