Cara Mengetahui ROM Distributor Xiaomi Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Cara Mengetahui ROM Distributor Xiaomi Serta Kelebihan dan Kekurangannya – Bagi para pengguna pengguna Hp Xiaomi, pasti seringkali mendengar mengenai ROM distributor Xiaomi yang memang seringkali menjadi perbincangan hangat bagi para pengguna Xiaomi. Lantas bagi para pengguna baru HP Xiaomi, pasti masih asing mengenai apa itu ROM distributor Xiaomi?

ROM distributor Xiaomi ramai diperbincangkan usai Xiaomi terganjal masalah aturan TKDN sehingga mereka tidak menjual produk smartphone mereka di Indonesia secara resmi. Lantas apakah HP Xiaomi yang banyak beredar di pasaran Indonesia merupakan HP Palsu? Jawabannya bisa saja iya dan bisa saja tidak. Karena produk Xiaomi yang saat ini dan selama ini masih beredar di pasaran usai masalah aturan TDKN, berasal dari distributor tertentu yang memang sudah terbiasa mengimpor produk smartphone ke Indonesia.

Oleh karena itu akan sangat jarang anda temui HP Xiaomi yang masih memiliki garansi resmi. Karena kebanyakan dari HP tersebut hanya memiliki garansi distribuor karena Xiaomi memang sudah tidak menjual produk mereka di Indonesia.

Cara Mengetahui ROM Distributor Xiaomi

Cara Mengetahui ROM Distributor Xiaomi

Namun pada kesempatan kali ini, Twimm.net tidak akan membahas lebih detail mengenai keseluruhan produk Xiaomi serta garansi yang dimilikinya. Melanikan adalah ROM Xiaomi yang banyak dibilang para penggunanya sebagai ROM abal-abal karena hanya bergaransi distributor dan sudah dioprek atau dimodifikasi sebelumnya. Modifikasi tersebut mencangkup bahasa Indonesia yang sudah tersedia serta tambahan aplikasi bawaan seperti Googole Play Store pada smartphone Xiaomi.

Namun ternyata meskipun smartphone Xiaomi Anda sudah tersedia bahasa Indonesia, tidak selalu ROM yang dimilikinya abal-abal atau sudah dimodifikasi. Ada juga HP Xiaomi dengan ROM asli dari Xiaomi, dengan catatan merk HP Xiaomi tersebut sudah tersedia ROM global (ROM dengan dukungan multi bahasa). Sedangkan jika merk HP Xiaomi Anda hanya tersedia ROM China saja namun pada perangkat yang Anda miliki terdapat bahasa Indonesia, bisa dibilang ROm itu merupakan hasil oprekan. Karena jika ROM China HP Xiaomi, hanya menyediakan 2 bahasa saja (China dan Inggris).

Ini Cara Mengetahui ROM Distributor Xiaomi atau Asli

Biasanya ROM distributor Xiaomi menggunakan ROM China, namun untuk versi MUI nya sudah diganti dengan versi MUI global, sehingga pengguna akan menganggapnya menggunakan ROM asli Xiaomi (ROM global). Lalu bagaimana cara mengetahui merk HP Xiaomi yang Anda gunakan menggunakan ROM distributor atau ROM asli dari Xiaomi? Caranya Anda tinggal mengecek apakah merk HP Xiaomi yang Anda miliki sudah tersedia ROM global atau masih ROM China saja.

1. Kunjungi situs http://en.miui.com/download.html

2. Lalu pilih jenis atau merk HP Xiaomi Anda.

3. Akan terlihat merk HP Xiaomi Anda sudah tersedia ROM global atau hanya ROM China

rom-distributor-xiaomi-mi-pad

rom xiaomi mi pad

rom-distributor-xiaomi-mi-note-pro

rom- xiaomi mi note pro

Pada gambar diatas, kita ambil contoh Xiaomi Mi Pad yang sudah tersedia ROM global, sehingga dapat disimpulkan kalau kemungkinan besar Xiaomi Mi Pad yang Anda miliki sudah menggunakan ROb asli Xiaomi. Sedangkan untuk Xiaomi Mi Note Pro hanya tersedia ROM China. Sehingga dapat disimpulkan kalau Xiaomi Mi Note Pro milik Anda menggunakan ROm distributor Xiaomi atau ROM yang sudah dimodifikasi sebelumnya.

Kesimpulannya pada artikel cara mengetahui ROm distributor Xiaomi seta kelebhan dan kekurangannya diatas, adalah ROM distributor itu sebenarnya adalah ROM China yang sebelumnya sudah dimodifikasi sehingga menyerupai ROM global. Namun tentu kelebihan ROM distributor Xiaomi meskipun masih menggunakan ROm China, adalah sudah tersedianya multi bahasa termasuk bahasa Indonesia serta tersedia aplikasi tambahan yang cukup populer di kalangan pengguna smartphone tanah air.